Tahukah kamu? Di 2021 ini, Kemenparekraf/Beparekraf sedang mencanangkan program 10 Bali Baru. Nah, untuk mewujudkan upaya tersebut, kamu dikenalkan dengan daftar destinasi wisata super prioritas yang tersebar di seluruh Nusantara. Ternyata, masing-masing punya kisah yang menarik, lho!

Kisah Klasik Destinasi Wisata Super Prioritas

Setiap tempat sudah pasti punya ceritanya sendiri. Dengan kisah-kisah menarik di balik setiap destinasi wisata, diharapkan turis juga antusias buat berkunjung ke sana. Alhasil, keindahan negeri Indonesia bisa menjadi tujuan yang bisa dirasakan dan dilihat secara langsung oleh semua orang.

  • Danau Toba

Letaknya di Sumatera Utara dan kamu kenal sebagai danau terbesar di Asia Tenggara sekaligus nomor dua di dunia. Berdasarkan legenda yang ada, Danau Toba diambil dari kisah seorang pemuda yang namanya Toba. Ketika memancing di sungai, ia nggak sengaja menangkap seekor ikan mas.

Ikan mas itu bisa berubah menjadi wanita cantik dan ingin dinikahi oleh Toba. Sang wanita mau, asalkan Toba merahasiakan asal-usulnya. Akhirnya, mereka punya anak yang bernama Samosir. Suatu hari, Samosir membuat Toba marah karena memakan bekal untuk ayahnya yang bekerja di sawah.

Toba sangat marah sampai mengeluarkan ungkapan “anak ikan” kepada Samosir. Nggak lama kemudian, hujan deras turun dan membanjiri perkampungan tersebut sampai terendam air. Jadilah sebuah danau yang sangat luas dan dikenal masyarakat setempat dengan nama Danau Toba.

  • Likupang

Destinasi di Sulawesi Utara ini konon adalah tempat turunnya sembilan bidadari surga untuk mandi. Mereka biasa mandi di telaga milik seorang petani yang namanya Mamanua. Si petani berhasil menahan seorang bidadari dan menjadikannya seorang istri. Mereka punya anak yang bernama Walangsendau.

Suatu hari, Mamanua membuat kesalahan yang membuat bidadari harus pulang ke kahyangan. Sebelum kembali, bidadari berpesan supaya Mamanua mengajak anaknya berjalan-jalan melewati sungai, hutan, dan gunung saat Wlangsendau menangis.

Saran itu dilakukan oleh Mamanua sambil menggendong anaknya. Setelah perjalanan panjang, mereka sampai pantai pasir putih jernih. Saat itu, mereka sadar kalau perjalanan yang jauh dibayar lunas dengan potongan surga yang jatuh ke bumi, yaitu Likupang.

  • Candi Borobudur

Destinasi ini terkenal sebagai candi terbesar di dunia dan dinobatkan UNESCO menjadi Warisan Budaya Dunia sejak 1991. Fakta unik dari candi ini adalah panel relief yang berjumlah 2672 di sepanjang 4 kilometer. Alhasil, Candi Borobudur juga punya gelar Relief Candi Terpanjang di Dunia.

Bentuknya akan mengingatkan kamu sama piramida, tapi dipenuhi dengan 2 juta batu dan 500 patung Buddha. Berdasarkan konsep kosmologi Buddhis, Candi Borobudur dianggap gunung atau Meru. Sifatnya menjadi penghubung antara surga dengan dunia.

“Gunung” yang satu ini juga dikelilingi oleh laut, gunung, sekaligus sungai yang besar. Beberapa kamu kenal sebagai Gunung Merbabu, Merapi, Andong, Sindoro, Sumbing, Tidar, Pegunungan Menoreh, Sungai Progo, Elo, Sileng, sampai danau purba dari Borobudur.

  • Mandalika

Konon, hidup seorang putri yang namanya Mandalika dan punya paras cantic. Banyak laki-laki ingin menikah dengannya. Bingung mau pilih siapa, Putri Mandalika mencari petunjuk dengan mengundang mereka ke Pantai Seger pada penanggalan Sasak tanggal 20 bulan 10.

Putri berkata kalau ia mau menjaga kedamaian laut lalu berdiri di atas batu dan menjatuhkan diri ke dasar laut. Nggak ada yang berhasil menemukan sang putri. Nggak lama kemudian, muncul banyak binatang kecil mirip cacing warna-warni yang disebut nyale.

Masyarakat lokal percaya kalau nyale adalah jelmaan dari Putri Mandalika. Hal inilah yang menjadi kisah dibalik tradisi Bau Nyale di bulan Februari sampai Maret untuk mengingat pengorbanan dari sang putri.

  • Labuan Bajo

Dahulu, Putri Naga menikah dengan pemuda yang asalnya dari pulau seberang dan bernama Moja. Mereka dikaruniai anak kembar yang diberi nama Gerong dan Orah. Tapi, Orah punya rupa yang mirip kadal sampai harus diasingkan ke hutan.

Ketika dewasa, Gerong memburu seekor kadal. Namun, Putri Naga melarang karena kadal itusaudara kembarnya. Oleh karena itu, komodo biasa dijuluki Orah oleh penduduk lokal dan dianggap saudara di pulau itu. Labuan Bajo menjadi gerbang keindahan yang akan bawa kamu menuju Pulau Komodo.

Itulah serangkaian kisah yang mewarnai destinasi wisata super prioritas untuk menambah pengetahuanmu soal kekayaan alam Nusantara. Mari ikut promosikan kekayaan destinasi ibu pertiwi yang luar biasa kepada dunia. Kamu udah berkunjung ke mana aja dari 5 tempat tersebut?