Selama berpuasa masalah dehidrasi menjadi paling berisiko dialami karena kebutuhan cairan di dalam tubuh yang cenderung tidak terpenuhi. Konsumsi buah-buahan, sayuran, dan minum air putih dengan cukup perlu dilakukan agar selalu terdehidrasi. Berikut ini rekomendasi sayuran yang bisa dikonsumsi menjelang jadwal imsak agar tidak dehidrasi selama puasa.

1.     Timun

Timun memiliki kandungan asam kafeat, kalsium, vitamin C dan B sangat bagus untuk mengatasi masalah dehidrasi selama berpuasa. Ada banyak kandungan air di dalam timun yang juga bagus untuk perawatan kulit dan menghaluskannya.

2.     Daun Selada

Selada merupakan sayuran hijau yang sering dijadikan pilihan praktis karena bisa langsung dikonsumsi. Sayuran ini cukup Anda cuci bersih saja sebelum dikonsumsi dan bagusnya saat masih segar. Selada memiliki banyak kandungan air dan serat yang tinggi, apa lagi saat musim panas sayuran ini cocok sekali menjadi pilihan.

Anda yang mengonsumsi selada juga akan tercegah dari masalah kulit kering. Saat dikonsumsi di waktu menjelang jadwal imsak akan sangat membantu untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama selama berpuasa. Kebutuhan cairan tubuh pun tidak mengalami masalah lagi.

3.     Tomat

Rekomendasi sayuran berikutnya selama berpuasa adalah tomat yang memiliki kandungan likopen. Tomat yang dikonsumsi sebagai sayuran bisa menjadi solusi untuk menjaga fungsi hati tetap optimal dan menghidrasi tubuh dengan baik.

Sayuran tomat ini bisa dicampurkan ke dalam lauk-pauk seperti tom yam yang praktis dikonsumsi sekaligus. Tomat memiliki kandungan air yang tinggi dan membantu mencegah dehidrasi. Tomat juga membantu melembapkan kulit dan menjaga kesehatan selama berpuasa.

4.      Wortel

Sayuran berikutnya yang memiliki banyak kandungan air adalah warel. Anda bisa memilih berbagai jenis wortel yang tersedia. Sayuran ini bisa diolah menjadi sup yang terasa nikmat dimakan saat sahur apa lagi disajikan dengan hangat.

5.     Seledri

Seledri juga ternyata jenis sayuran yang bagus dikonsumsi selama puasa untuk mengatasi masalah dehidrasi. Ada kandungan elektrolit, garam mineral, vitamin, dan asam amino. Anda juga bisa sambil perawatan untuk meremajakan kulit.

6.     Kubis

Kubis juga bisa menjadi pilihan sayuran yang dikonsumsi selama berpuasa. Kandungan kubis bisa berfungsi sebagai anti radang dan kaya akan vitamin C yang akan menjaga kesehatan tenggorokan selama berpuasa sehingga tidak mengalami panas dalam.

7.     Lobak

Pilihan sayuran lainnya yang bagus dikonsumsi selama puasa adalah lobak karena mengandung banyak air dan vitamin C. Selain itu juga memiliki kandungan anti radang dan antioksidan yang bagus untuk tubuh. Bagus juga dikonsumsi bagi yang memiliki masalah ginjal.

Itulah beberapa jenis sayuran yang akan mencegah Anda mengalami dehidrasi selama berpuasa. Informasi seputar puasa dan artikel islami lainnya bisa didapatkan di situs Orami. Anda juga bisa belanja berbagai jenis produk kesehatan di orami.co.id.