Hunian merupakan salah satu properti wajib yang dimiliki oleh manusia. Hunian termasuk kedalam kebutuhan primer yang perlu dicukupi. Selain makanan, sandang, papan atau hunian menjadi salah satu komponen yang perlu dicukupi. Hunian menjadi tempat berlindung bagi setiap insan. Dimana disaat terik, hujan hingga badai hunian menjadi tempat yang aman untuk berlindung. Hunian juga mempermudah masyarakat untuk melindungi diri dari gigitan dan juga gangguan binatang buas.

Dalam memenuhi kebutuhan hunian tersebut, bagi mereka yang memiliki dana menginginkan rumah mereka cukup nyaman untuk ditinggali. Mereka juga menginginkan rumah yang dapat dijadikan tempat untuk pulang. Sebab itu, beragam macam rumah menghuni bumi ini. Tersedia rumah yang mengusung konsep kedaerahan hingga rumah yang berkonsep modern. Semua konsep tersebut diputuskan oleh pemilik rumah dan dana yang dimiliki.

Terlepas dari rumah modern maupun tradisional, hunian memerlukan beberapa aspek yang sangat penting. Dimana kegunaan properti atau barang tersebut mendukung kenyamanan hunian yang dimiliki. Bagian tambahan yang biasanya diberikan untuk hunian adalah sebuah pagar rumah dan halaman rumah. Keberadaan pagar rumah lebih penting dibandingkan dengan halaman rumah. Sebab, pagar rumah akan memberikan perlindungan kepada pemilik hunian dan juga memberikan batasan wilayah kepemilikan rumah. Pagar rumah juga berfungsi sebagai salah satu perangkat yang digunakan untuk menjaga keamanan rumah.

Pagar rumah memiliki berbagai macam dan bentuk yang dapat disesuaikan dengan tipe atau gaya hunian yang dihuni. Pagar rumah menjadi salah satu perangkat yang akan pertama kali anda lihat sebelum anda melihat bagian utama hunian yang anda kunjungi. Pagar rumah bisa terbuat dari bahan apa saja dan model apa saja yang diinginkan oleh pemilik rumah dalam memberikan kenyamanan dan keamanan rumah mereka. Terkadang, pagar rumah juga menjadi salah satu perangkat yang ditonjolkan oleh pemilik rumah agar menambah kesan gaya rumah yang dingin mereka tunjukan tersebut.

Pagar rumah yang kini banyak digunakan oleh masyarakat utamanya perkotaan adalah pagar rumah minimalis. Pagar rumah minimalis merupakan pagar rumah rumah yang di desain simple namun menunjukkan sebuah kesan elegan dan apik. Pagar rumah minimalis dinilai cocok untuk rumah beberapa masyarakat karena kebanyakan hunian yang digunakan oleh masyarakat mengusung konsep hunian minimalis. Sebab itu, banyak sekali masyarakat yang juga menambahkan kesan minimalis kedalam pagar rumah rumah mereka.

Pagar rumah menggunakan konsep sederhana, tidak terlalu banyak aksen namun material yang digunakan berkualitas. Bisanya pagar rumah minimalis menggunakan batu alam, kayu hingga besi. Salah satu ciri dari pagar rumah minimalis adalah penyusunan bahan atau material pada pagar rumah yang berjajar dan memberikan celah sedikit diantara jajaran pagar rumah tersebut. Bila dianalogikan, pagar rumah minimalis seperti sebuah pola permen blaster. Namun, tidak sama seperti permen blaster tersebut .

Pagar rumah minimalis biasanya menggunakan warna – warna yang disediakan oleh alam seperti cokelat hingga hitam. Bahkan beberapa pagar rumah minimalis terlihat menggunakan warna putih.  Pagar rumah minimalis terlihat berbeda satu dengan lainnya tergantung kepada bahan yang digunakan, penempatan pagar apakah berbentuk jeruji ataupun mirip dengan sebuah papan yang dipasang. Pemilihan warna dari pagar rumah tersebut juga menjadi salah satu pembeda pagar rumah minimalis. Jika anda sedang membangun hunian anda, maka gaya pagar rumah minimalis dapat anda gunakan pada hunian anda tersebut.