Kunyit termasuk rempah-rempah yang sangat populer di Indonesia khususnya dan sering digunakan untuk menjadi pelengkap pada masakan atau menjadi bahan utama sebuah minuman, dan kunyit asam memiliki kandungan bahan aktif yang fungsinya sebagai analgesik, antipiretik, hingga anti radang. Maka dari itu pada artikel kesehatan kali ini akan dibahas tentang manfaat yang ada pada kunyit asam. Diantaranya sebagai berikut.

1.       Meredakan Nyeri Ketika Haid

Kunyit asam biasanya diracik menjadi sebuah minuman jamu yang dimana khasiatnya sangat ampuh untuk melancarkan haid secara alami, selain itu fungsinya juga bisa meredakan nyeri ketika haid yang dirasakan oleh para kaum wanita.

Kandungan kurkumin di dalam kunyit asam bisa mengurangi produksi dari hormon yang dapat memicu peradangan serta rasa nyeri yakni prostaglandin. Maka dari itu kunyit asam sering sekali digunakan oleh para wanita sebagai senjata utama  untuk meredakan keluhan tersebut.

2.       Sebagai Antioksidan

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kunyit asam berfungsi sebagai antioksidan. Sebab, senyawa kurkumin yang ada pada kunyit dipercaya mempunyai aktivitas antioksidan yang bagus, serupa dengan yang ada pada asam jawa yang sama-sama memiliki senyawa antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.

Jika Anda menyajikan kunyit asam dalam bentuk minuman jamu atau sejenisnya, akan ada kandungan antioksidan yang jauh lebih besar apabila Anda bandingkan dengan jenis antioksidan sintetis lainnya. Formula paling tepat untuk meminum kunyit asam yakni 25% asam, 5% kunyit dan 70% air. Ini adalah komposisi terbaik agar bisa memperoleh kadar antioksidan maksimal.

3.       Menurunkan Berat Badan

Jika dipisahkan kunyit dan juga asam jawa juga tetap memiliki manfaat untuk menurunkan berat tubuh, dan khasiat tersebut pastinya akan semakin maksimal apabila Anda menggabungkan dua bahan tersebut menjadi satu kesatuan.

Kurkumin yang merupakan antioksidan dari kunyit memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan yang ada pada sel tubuh, seperti lemak, sel pankreas, dan otot. Reaksi tersebut bisa membantu menurunkan resistensi insulin, serta menurunkan kolesterol, kadar gula darah hingga kondisi metabolik lain karena obesitas. Dengan begitu, berat tubuh bisa menjadi stabil serta mengurangi risiko obesitas pada tubuh.

4.       Mengendalikan Kadar Gula Darah

Jika Anda salah satu orang yang memiliki penyakit diabetes, Anda bisa mencoba khasiat dari kunyit asam. Dimana kunyit asam sendiri sudah sangat lama dipercaya sebagai bahan untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh seseorang. Hal tersebut terjadi karena adanya anti inflamasi yang terdapat pada kunyit.

Maka dari itu, bagi Anda yang selalu mengikuti update dari artikel kesehatan pastinya sangat diuntungkan, dimana terdapat banyak sekali informasi kesehatan menarik yang bisa menginspirasi hidup Anda agar dapat menjalankan kehidupan dengan sehat dan dijauhi oleh berbagai macam penyakit.