Proses mempertahankan identitas nasional yang asli memang butuh perjuangan. Maka dari itu sampai saat ini dan detik ini identitas nasional bangsa kita bisa dikatakan sudah banyak yang berubah karena pengaruh dari luar dan dalam.

Pengaruh globalisasi yang kerap menjadi alasan utama, padahal banyak juga pengaruh dari bidang lain seperti paham radikalisme, kemudian budaya asing dan lain sebagainya.

Oleh karenanya penting sekali untuk kita paham setidaknya bagaimana karakteristik identitas nasional bangsa Indonesia. Kita akan bahas dibawah ini ulasan rincinya.

Kesatuan dan Persatuan Indonesia

Negara indonesia yang sangat luas merupakan sebuah satu kesatuan yang teridiri dari banyak gugusan pulau yang membentang sangat luas.

Negara kita juga dikenal sebagai negara maritim, kemudian selain itu persatuan yang tentu sangat kuat karena adanya pebedaan budaya, suku dan agama yang semuanya menyatu dalam satu negara di bawah kedaulatan rakyat.

Rasa kesatuan yang kuat inilah menjadi salah satu karakter bangsa indonesia yang kokoh dari dulu sampai dengan sekarang sehingga bisa merebut dan mengusir para penjajah.

Persamaan Nasib

Indonesia dibangun dan dibentuk karena adanya faktor kesamaan nasib antara suku dan bangsa jaman dulu. Kesamaan dalam penderitaan, kesamaan dalam ingin merasakan kemerdekaan dan kebebasan.

Semunya menjadi satu dan menuju sebuah langkah kemerdekaan yang penuh dengan perjuangan dan sampai sekarang persamaan nasib tetap terjadi dan tetap menyatu di bawah peraturan hukum yang sama di atur dalam UUD 1945.

Keinginan Untuk Merdeka

Karakteristik bangsa indonesia yang lain adalah adanya keinginan yang sama dari semua bangsa bangsa dan suku serta wilayah untuk mendapatkan pengakuan sebuah kemerdekaan yang diperjuangan secara bersama sama.

Dalam sebuah susunan UUD hal ini juga sudah jelas disebutkan semua penjajajahan di muka bumi ini harus segera di hapus karena itulah karakter kuat dalam mendapatkan kemerdekaan menjadi sebuah ciri nasionalisme sejati.

Ini adalah karaktersitik pokok dari identitas nasional yang dimana nanti akan dikembangkan juga menjadi karakteristik lebih luas dimana tentu saja tetap berada dalam kesatuan negara republik Indonesia yang harus tetap di jaga utuh selama lamanya.