Apakah ibu membutuhkan layanan USG 4D Tangerang? USG 4D merupakan jenis USG yang dikembangkan dari USG 2D dan USG 3D. USG umumnya digunakan untuk melihat kondisi dan perkembangan janin dalam kandungan. Hasil pemeriksaan menggunakan USG 4D lebih jelas dan detail karena gambarnya yang bergerak dan juga berwarna.

USG 4D biasanya disarankan untuk ibu hamil yang memiliki risiko tinggi yang biasanya hamil di atas usia 35 tahun, mengalami masalah kondisi kesehatan tertentu, menderita diabetes, adanya kelainan atau masalah saat kehamilan, dan lainnya. meskipun begitu, banyak ibu hamil yang memilih menjalankan pemeriksaan USG 4D meskipun tidak ada masalah kesehatan. Tentu saja ini juga boleh dilakukan.

Prosedur Pemeriksaan USG 4D

Pemeriksaan USG 4D sama dengan prosedur pemeriksaan USG lainnya. Wanita hamil akan ditempatkan di meja pemeriksaan, dan dokter kandungan akan meletakkan gel di perut dan menghubungkan transduser.

Alat tersebut akan bergerak selama pemeriksaan untuk mendapatkan visualisasi janin yang terbaik. Hasil pemeriksaan berupa gambar dinamis yang dapat dilihat pada layar monitor. Hasil pemeriksaan tersebut akan dijelaskan dokter sambil mengamati pergerakan janin.

Kapan Harus Melakukan USG 4D

Ultrasonografi tidak dapat dilakukan pada kehamilan yang terlalu muda. Para ahli merekomendasikan pemeriksaan USG saat usia kehamilan mencapai 26 minggu, karena sebelum usia tersebut lapisan lemak di bawah kulit janin masih sangat tipis sehingga hasil pemeriksaan belum bisa maksimal. Meskipun dapat dilakukan dengan atau tanpa keluhan, disarankan agar USG 4D sesuai untuk wanita hamil yang kemungkinan besar mengalami masalah kehamilan.

Pentingnya Melakukan USG 4D

Biasanya pada trimester pertama akan menggunakan USG 2D di mana hasilnya berupa gambar datar dengan hasil warna hitam putih. Namun pada trimester kedua dan ketiga biasanya menggunakan USG 4D untuk hasil yang lebih signifikan.

Yang akan didapatkan jika menggunakan USG 4D yaitu dapat melihat aktivitas janin dengan lebih jelas seperti tersenyum, menguap, dan melakukan gerakan lainnya. Bisa juga untuk mendeteksi kemungkinan penyakit atau kelainan pada janin dan kondisi organ janin agar dokter dapat segera mengambil tindakan untuk mengobatinya.

Melakukan USG 4D juga akan membantu mengetahui posisi plasenta sebelum persalinan, amati posisi dan pergerakan janin, serta periksa apakah rahim dan panggul ibu normal. Namun di Klinik Kehamilan Sehat, ibu hanya perlu menjalani pemeriksaan USG 2D untuk mendapatkan USG 4D (HD Live Wajah) secara gratis.

Klinik Kehamilan Sehat menawarkan fasilitas yang lengkap bukan hanya USG 4D namun juga berbagai fasilitas dan layanan yang berhubungan dengan kehamilan dan juga kelahiran. Dokter kandungan Tangerang terbaik yang akan melayani Anda tanpa perlu khawatir karena sudah memiliki sertifikasi dan juga berpengalaman.